Minggu, 16-06-2024
  • Selamat Datang di Official Website Putri Hijabfluencer Indonesia

Arrohma Sukma Permada Marganeta  – DIY

Diterbitkan : - Kategori : Finalis 2023

📌Nama lengkap : Arrohma Sukma Permada Marganeta 

📌Tempat, tanggal lahir : Ponorogo, 17 Juli 1998

📌Hobby : Mendaki gunung, traveling, membaca & climbing

📌Jabatan : RU 3 Daerah Istimewa Yogjakarta

📌Motto Hidup : 

📌Pengalaman Organisasi : 

  • Anggota OSIS Hubungan Masyarakat 2014
  • Anggota Saka Bhayangkara Polsek Menganti 2014-2015
  • Anggota UKM Mapala POLTERA 2015-2016
  • Anggota UKM Sevta POLTERA 2015-2017
  • Anggota UKM IMC POLTERA 2015-2017
  • Ketua Umum Mapala Poltera 2016 – 2017
  • Anggota Kementrian Luar Negeri BEM POLTERA 2015-2016
  • Menteri KOMINFO BEM Poltera 2016 – 2017
  • Bendahara HIMA Teknik Bangunan Kapal 2016 – 2017
  • Sekretaris HIMA Teknik Bangunan Kapal 2015 – 2017
  • Bendahara Komunitas Jelajah Indonesia 2015 – 2019
  • Sekretaris Komunitas GANESIPALA 2017 – 2019
  • Sekretaris Komunitas Jelajah Indonesia 2019 – 2022
  • Bendahara Komunitas Amputee Generation 2020 – sekarang

📌Riwayat Prestasi & Pengalaman 

  1. Driver Perempuan Pertama perwakilan Politeknik Negeri Madura dalam ajang Kompetesi Mobil Hemat Energi 2016
  2. Juara 4 Indonesia Maritime Challange 2017
  3. Dikenal sebagai Outdoor Enthusiast & Influencer Disability 2019 – sekarang
  4. Bintang Tamu inspiratif program TV – Hitam Putih  2019
  5. Bintang Tamu inspiratif program TV – Pagi Pagi Pasti Happy 2019
  6. Bintang Tamu inspiratif program TV – Rumah Idaman 2023
  7. Bintang Tamu inspiratif Segitiga Film 2023
  8. Narasumber inspiratif INDOFEST Surabaya 2019
  9. Narasumber inspiratif weekendblast EIGER Surabaya 2019
  10. Narasumber inspiratif Yamaha Friends 2020
  11. Juara Harapan 2 Harapan Kemensorsi lomba video Hari Disabilitas Nasional 2020
  12. Brand Ambassador Program Saya Mampu Dnetwork 2020
  13. Brand Ambassador Festival Inklusi 2020
  14. Narasumber inspiratif RRI Jakarta 2020 & 2022
  15. Narasumber Inspiratif MAGDALENE-Acara Festival Perempuan 2022
  16. Team Leader Terkalem di unit VBS Yogjakarta – Mandiri Contact Center 2022
  17. Pemenang Video Chalenge Mandirian Ber-Nyali 2022
  18. Best Talented Lomba Fashion Show Eid Ramadhan 2023
  19. Narasumber inspiratif Media Indonesia 2023
  20. Narasumber inspiratif Tabloid Nyata 2023
  21. Narasumber inspiratif liputan6.com 2023
  22. Narasumber inspiratif Campaign 2023
  23. Best Inspiration Hijab Model Academy Batch 5 – 2023
  24. Best Content Creator Sosial Media Ranger BUMN 2023 
  25. Pegawai BUMN Disabilitas pertama yang lolos di Program kementrian BUMN – Relawan Bakti BUMN – 2023
  26. Narasumber inspiratif AREI COMMFEST 2023
  27. Narasumber inspiratif WMNLyfe 2023 
  28. Juara 1 video Show Your Cheese 7 (New Year Challenge) 2023

📌 Perkenalkan perempuan kelahiran Ponorogo pada tanggal 17 Juli 1998, Arrohma Sukma Permada Marganeta, atau yang biasa dipanggil dengan Sukma/Arrohma. Perempuan yang berasal dari Gresik Jawa Timur ini berdomisli di kota impian nya sejak kecil yaitu Daerah Istimewa Yogjakarta. Ia merupakan anak pertama dari 3 bersaudara sekaligus cucu pertama dari keluarganya. Menjadi anak pertama dan cucu pertama tidak membuat Arrohma di manja oleh kedua orang tua nya, namun orang tuanya mendidik ia untuk menjadi perempuan yang mandiri, cerdas, berani, kuat dan pantang menyerah.

Terbukti saat Arrohma memasuki pendidikan TK yang seharusnya ditempuh selama 2 tahun pendidikan, namun ia langsung naik ke jenjang pendidikan SD kelas 1 di usia yang baru 5 tahun. Sejak kecil ia juga sudah aktif mengikuti berbagai kegiatan di sekolah nya seperti lomba menari, menyanyi, olimpiade dan kegiatan lain yang menurutnya bermanfaat. Bahkan saat ia baru berusia 15 tahun dia sudah dipercaya untuk mengajar pramuka di beberapa sekolah dasar di Gresik Jawa Timur, sejak ia aktif di Saka Bhayangkara Polsek Menganti. Melalui mengajar pramuka ini Arrohma bisa mendapatkan tambahan uang untuk jajan dan menabung untuk membeli sesuatu yang ia inginkan, karena sejak kecil ia diajarkan oleh orang tuanya untuk menabung apabila ingin memiliki sesuatu dan diajarkan untuk membedakan kebutuhan yang penting atau tidak.

Ia juga memiliki hobby berkegiatan di alam bebas sejak duduk dibangku SMA, seperti mendaki gunung, arum jeram, dan lain sebagainya. Selain itu, karena Arrohma ini sangat aktif di segala kegiatan, ia pun mendapatkan beasiswa saat ia kuliah di Politeknik Negeri Madura, dan ia pun dipercaya oleh para dosen serta direksi untuk bertanggung jawab dengan 2 jabatan sekaligus di tahun 2016-2017 yaitu sebagai Ketua Umum Mapala POLTERA dan Menteri KOMINFO BEM POLTERA. Alumni mahasiswi jurusan Teknik Bangunan Kapal ini sangat dikenal sebagai mahasiswi dengan segudang kegiatan, bahkan prestasi dan keaktifan nya sangat mengispirasi banyak orang.

“Sejak kecil saya selalu diizinkan oleh orang tua untuk mengikuti kegiatan apapun dan dimanapun, asalkan itu bermanfaat dan bisa menjaga diri sendir serta menjaga aurat. Karena hal ini membuat saya sejak kecil terbiasa menggunakan hijab. Bagi saya hijab merupakan sebuah kewajiban yang harus dijalani, terlebih saya mengetahui mengenai dosa apa yang akan didapatkan bagi perempuan yang memperlihatkan aurat/rambut nya kepada non mahram. Sehingga saya sudah memutuskan untuk berhijab kemanapun dan apapun kondisinya sejak duduk di bangku kelas 4 SD,” Ujarnya.

Hari demi hari ia jalani dengan banyaknya kegiatan yang ia miliki. Selain kuliah & memegang tanggung jawab di beberapa UKM/Komunitas, setiap minggu ia tetap menjalankan salah satu hobby nya yaitu mendaki gunung. Perempuan ini sangat bahagia dengan semua hal dalam hidupnya, namun teryata Allah memberikan sebuah ujian kepada-nya, disaat ia baru menyeselaikan revisi Tugas Akhir pada tanggal 8 Agustus 2018. Saat itu Arrohma berniat pulang kerumah di Gresik untuk memberikan kabar wisuda bulan depan kepada keluarga nya dan menginformasikan rencanya berangkat ke Lombok menjadi relawan pendidikan saat Gempa. Namun takdir Allah berkata lain, sebuah mobil menabrak nya dari depan dan mobil itu meninggalkannya di tengah jalan. Akibat kecelakaan itu ia harus mengikhlaskan kaki kanannya untuk di Amputasi disaat usianya yang baru 20 Tahun. Awal nya ia tidak dapat menerima hal tersebuut, ia khawatir dengan masa depan nya yang sudah ia susun secara rapi. “Perusahaan mana yang bisa menerima saya dengan satu kaki ini, lalu bisakah saya mendaki gunung lagi atau aktif diberbagai kegiatan?” Tanyanya. Bahkan yang paling membuat nya tidak bisa membayangkan adalah apakah ada laki-laki yang dapat menerimanya nanti. Waktu itu berbagai cara sudah diupayakan oleh dokter untuk menyelamatkannya kala itu. Namun, jalan satu-satu nya memang harus diamputasi agar infeksi nya tidak menjalar ke anggota tubuh yang lain yang dapat menyebabkan kematian baginya. 

“Jujur saat itu saya merasa dunia saya hancur, Allah tidak adil karena memberikan ujian yang begitu besar kepad saya di usia saya yang masih muda,” ujarnya. Namun pasca kejadian itu ia pun mencoba berdamai dengan dirinya berkat dukungan orang tua, keluarga, teman, saudara, tetangga bahkan orang-orang yang pernah ia temui dimanapun sebelum saya kecelakaan. Dukungan inilah yang membuat nya bangkit dan menerima dirinya. Arrohma mulai memutuskan untuk bangkit dan segera sembuh agar ia dapat menghadiri wisuda dan membawa keluarganya pada wisuda tanggal 22 September 2018 secara langsung. Tak hanya itu ia juga ingin memulai menjalani hari-hari nya dengan baik lagi, sehingga ia mulai belajar berjalan, belajar menaiki sepeda, belajar mendaki lagi dan semua hal yang dulu ia bisa lakukan dulu ia coba kembali.

Pada bulan Desember 2018 ia juga memutuskan untuk mencoba mendaki lagi, memastikan apakah tubuh nya masih mampu atau tidak melakukan kegiatan tersebut, serta apakah teman-temannya, lingkungan serta alam dapat mendukungnya atau tidak. Ternyata pendakian pertamanya sebagai seorang disabilitas berjalan dengan lancar karena Allah mendukung nya. 

“MasyaAllah saya bahagia sekali saat itu, dan sejak saat itu saya pun terus menerus berlatih dan mencoba berkegiatan di alam bebas lagi. Mulai saat itulah Allah memberiku banyak sekali nikmat diataranya saya mulai dikenal banyak orang, diundang oleh beberapa TV, Media dan komunitas-komunitas untuk mengisi berbagai acara, diajak kerjasama oleh beberapa brand, bahkan saya pun diterima bekerja di Bank di awal Februari 2019, dari sini saya semakin percaya kepada Allah bahwa Allah tidak akan pernah menguji hamba nya diluar batas kemampuan nya. Sejak saat itu pula saya mulai dikenal sebagai Outdoor Enthusiast & Influencer Disability karena selain aktif di alam bebas saya juga aktif membuat konten di seluruh media sosial baik Instagram, TikTok & YouTube. Saya ingin membuktikan kepada semua orang bahwa dengan keterbatasan yang saya miliki saat ini tidak mengurangi semangat ku untuk terus bekarya dan bermanfaat bagi orang lain”, Ujarnya.

Pada akhir Tahun 2020 Arrohma juga mencoba mendaftarkan diri untuk mengikut seleksi FHCI BUMN karena ia ingin mengupgrade ilmu dan berkarir lebih baik lagi. Saat itu ia berdoa kepada Allah agar selalu dilancarkan dan dimudahkan dalam setiap prosesnya. Setelah beberapa tahapan ia lalui, pada bulan Maret 2021 ia mendapatkan kabar bahwa ia lolos di terima di Bank Mandiri dan di tempatkan di kota impian nya yaitu Yogjakarta. Air mata kebahagian yang keluar saat itu dari keluarga nya dan Arrohma sampai saat ini masih teringat jelas oleh nya, ia pun bersyukur sekali Allah merubahnya menjadi perempuan hebat yang seperti sekarang.

Sampai akhirnya ia tersadar bahwa di Indonesia belum ada seorang model perempuan berhijab yang disabilitas dengan pengguna kaki palsu. Ketertarikannya tersebut membuatnya ingin mencobanya.  Arrohma ingin membuktikan ke semua orang bahwa dengan berhijab ia masih bisa melakukan banyak hal, bahkan dengan keterbatasan yang dimiliki, ia masih bisa mengispirasi & bermanfaat bagi orang. Arrohma mulai mencari berbagai kelas modeling di Jogja sejak 2021 namun tidak ada satupun kelas modeling yang dapat menerimanya dikarenakan Arrohma tidak dapat menggunakan heels. Namun hal tersebut tidak meyurutkan semangatnya untuk terus mencoba dan berusaha, karena ia yakin suatu saat nanti Allah akan mengabulkan doanya di waktu yang tepat. Selain mencari kelas modeling ia pun aktif mencari informasi dan mengikuti kelas atau event yang dapat mendukung mimpinya ini suatu saat nanti, diataranya kelas make up, event fashion show, dan lain sebagainya.

Awal Desember 2022 ia menemukan sebuah informasi yang menurutnya adalah jawaban dari doa-doa nya selama ini yaitu adanya program Road SHOW 10 Kota dari PutriHijab Academy dimana salah satu nya adalah Yogjakarta. Kebetulan Arrohma berdomisili di Jogja, sehingga ia memutuskan mencoba mendaftar dan bertanya kepada admin PutriHijab Academy apakah dia bisa mengikuti kelas ini dengan kondisinya yang disabilitas.

“MasyaAllah teryata saya bisa mendaftar, jujur saya bersyukur dan bahagia sekali. Walaupun hanya 2 hari program ini membuat saya mendapatkan banyak ilmu diataranya praktek catwalk, praktek visit store, praktek photoshoot dll, bahkan yang membuat saya bersyukur mengenal PHA ini adalah karena Kak Didi selaku Founder, mengerti akan kondisi saya yang tidak bisa menggunakan heels dan mencarikan pola catwalk/pose untuk mempermudahkan saya dalam posisi jalan/pose namun tetap terlihat profesional. Dari sini lagi – lagi saya merasa Allah itu maha baik sekali, karena mempertemukan saya dengan Putri Hijab Academy, Kak Didi, Kak Dita, Kak Adel & teman-teman satu batch. Selama mengikuti kelas ini saya sangat bersemangat sekali, bahkan diakhir acara menuju wisuda walaupun tidak ada satupun keluarga yang bisa hadir karena faktor jarak, saya pun masih bisa merasakan bahagia dan doa seluruh keluarga,” Ceritanya.

Saat pengumuman ia tidak terbayang bahwa ia akan mendapatkan golden ticket dari kelas ini yang mengatarkan nya sebagai perwakilan RU 3 Putri Hijab Fluencer DIY. Karena amanah inilah yang saat ini membuat nya terus semangat dalam melakukan berbagai hal, terutama tanggung jawab yang ada di PH DIY ini nantinya. Kini Arrohma selain aktif bekerja di Bank Mandiri, ia pun juga masih aktif mendaki gunung, menghadiri banyak kegiatan, diundang menjadi narasumber inspiratif dan mengikuti proses karantina PHI ini dengan baik.

Baginya dapat mengispirasi banyak orang dan membuktikan bahwa keterbatasan bukan penghalang dalam bermimpi/berkarya adalah motto kehidupan yang dipegang saat ini. Kini Arrohma menjadi sosok yang berbeda dari para finalis PutriHijabFluencer Indonesia 2023, karena  Arrohma sendiri merupakan penyadangan disabilitas yang memiliki semangat yang gigih, ketekunan dan kreativitasnya yang mampu membuktikan bahwa keterbatasan bukanlah suatu halangan dalam meraih mimpinya.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Post Terkait

Ghina Aulia Rizky – Kalteng

Rabu, 14 Feb 2024

Fitria Nur Alifa – Jabar

Rabu, 14 Feb 2024

Rista Nuri Andriani – Jabar

Rabu, 14 Feb 2024

LUTPYAH – Sumsel

Rabu, 14 Feb 2024

Pindi Gayatri – Riau

Rabu, 14 Feb 2024